Kumpulan Resep Masakan Lezat

Aneka resep masakan enak, lezat, dan patut menjadi pilihan. Resep makanan, minuman yang mudah dan praktis.

Resep Membuat Kupat Tahu Khas Jogja

Resep Membuat Kupat Tahu Khas Jogja

Masakan kupat tahu jogja memang sangat istimewa. Rasanya enak dan khas sekali. Untuk teman-teman yang berdomisili di daerah Gunungkidul, Yogyakarta maupun Jawa Tengah tentu saja sudah tidak asing lagi menjumpainya. Apalagi di daerah Magelang. Amat banyak pedagang yang menjajakannya di mana-mana. Khususnya di tempat keramaian. Harganya amat bersahabat. Lebih murah dari pada bakso , soto , dan mie ayam. Konon masakan kupat tahu sama sekali tidak menggunakan daiging kambing atau ayam. Kuliner sederhana ini sebetulnya sudah tersebar hingga di berbagai wilayah. Untuk mencicipinya tidaklah harus bertamasya , kita bisa membuat sendiri di rumah. Simpel, mudah, dan praktis dalam prosesnya. Mengenai bahannya antara lain kupat , tahu , kerupuk , kubis, tempe , kecap , tomat. Ditambah dengan bumbu masakan yang sudah tersedia di dapur kita. Kreasi rasa yang dihasilkan nanti amat tergantung pada selera kita. Bisa dibuat agak manis atau malah lebih pedas. Kuahnya akan menentukan nanti. Kalau sudah selesai, cocok lho bila disajikan di rumah untuk acara arisan , pertemuan , pengajian , dan selainnya. Biar ada selingan gitu. Oke, mari langsung kita cek uraian resep kupat tahu ini.

Bahan yang dibutuhkan :
- 2 buah kupat
- 2 buah tempe bacem goreng
- 2 buah tahu bacem goreng
- 2 lembar kol, iris tipis
- Kerupuk , goreng sampai renyah
- 1 batang seledri, iris tipis
- 2 iris tomat segar
- Air secukupnya
- seperlunya kecap manis
- Sambal


Bumbu kuah :
Gula secukupnya
5 siung bawang merah, iris tipis, goreng
Garam secukupnya
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng

Cara membuat kupat tahu jogja sederhana lezat :
1. Pertama, kita masak air dahulu, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih goreng, garam dan gula hingga mendidih. Aduk rata, angkat dan diamkanlah.
2. Langkah berikutnya kita racik bahannya : Potong kupat sesuai selera. Kemudian potong dadu tempe dan tahu bacem goreng.
3. Jadikan menjadi 2 porsi kupat, tempe dan tahu dalam piring. Tambahkan irisan kol dan irisan seledri per porsi sesuai selera.
4. Pecah-pecah kerupuk, kemudian ditata di atas kupat, tempe dan tahu. Siram dengan bumbu kuah yang sudah matang.
5. Tambahkan kecap, sambal, dan irisan tomat segar. Siap dihidangkan. Nah, amat gampang bukan ? Selamat mencoba. Bila ingin porsi lebih banyak, kita tinggal tambah bahan-bahannya.



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Resep Membuat Kupat Tahu Khas Jogja
      Komentar(0)