Kumpulan Resep Masakan Lezat

Aneka resep masakan enak, lezat, dan patut menjadi pilihan. Resep makanan, minuman yang mudah dan praktis.

Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan Lezat

Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan
Daging kambing memang jadi idola banyak orang. Tekstur dan rasanya memng enak dan boleh dibilang sebagai rajanya daging. Bicara tentang tongseng tentu yang kita bayangkan adalah tongseng kambing. Asli dari warisan masakan nusantara. Di setiap pinggir jalan mudah sekali kita menemui warung yang menjajakan tongseng kambing ini. Umumnya, menu yang dijual selalu bergandengan dengan sate, gulai, dan tengkleng. Kuah dari tongseng menjadi "penentu" nikmatnya. Orang di zaman milenial atau kekinian sudah banyak yang meninggalkan atau setidaknya mengurangi masakan yang memakai santan kelapa. Menjadi tantangan tersendiri kita bunda, bagaimana membuat tongseng tanpa santan di rumah. Apalagi, tiap hari raya idul kurban (idul adha) daging sapi serta kambing jumlahnya melimpah. Di mana-mana kita dapati orang yang memasak daging. Percuma kalau kita tidak memanfaatkan momen tersebut bunda. Kita mesti buat se-istimewa mungkin masakannya untuk keluarga. Kali ini kita bahas dulu yang resep tongseng kambing tanpa santan. Racikan bumbunya kita buat pas biar nanti rasanya juga mantap gitu. Cuman, mengenai cabenya ini boleh kita tambah atau kurangi tergantung pada selera pedas masing-masing. Gimana kalau anggota keluarga ada yang suka pedas dan tidak ? Bisa disiasati dengan meminimalisir dulu cabe rawitnya. Lalu kita sediakan mangkuk penuh dengan irisan cabe rawit. Nanti ikut disajikan bersama tongsengnya. Jika ingin tambah pedas, tinggal ambil sendiri aja irisan cabenya. Oke, kita simak berikut ini cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan :
- 1/2 kg daging kambing, iris-iris sesuai selera
- 10 sdm saus tiram
- 3 buah tomat merah, potong dadu atau memanjang
- 1 liter air putih
- 500 gram kubis, diiris agak tebal
- Mentega atau margarin, untuk menumis
- 20 gram kaldu instan kemasan
- 10 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan :
- Gula pasir secukupnya
- 10 siung bawang putih
- 10 biji kemiri, sangrai
- Merica bubuk secukupnya
- 2 cm kunyit
- Garam secukupnya

Bumbu kasar:
- 5 batang serai, gunakan bagian putihnya saja lalu memarkan
- 75 gram bawang merah, diiris tipis
- 50 gram jahe, diiris tipis
- 10 lembar daun jeruk
- 5 buah cabai merah besar, buang bijinya dan iris tipis
- 5 buah cabai rawit utuh
- 3 cm lengkuas

Cara Membuat Tongseng Kambing Tanpa Santan Lezat :
1. Langkah pertama, siapkan penggorengan dan panaskan mentega atau margarin hingga meleleh. Setelah itu, tumis bawang merah hingga harum dan menjadi layu.
2. Selanjutnya, masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan tumis kembali hingga harum dan matang. Kemudian, masukkan semua bumbu kasar yang tersisa dan aduk kembali sampai tercampur merata. Jika bumbu tumisan dirasa sudah matang, tambahkan saus tiram, kecap manis, dan daging kambing yang telah diiris-iris ke dalam penggorengan. Masak daging hingga berubah warna dan terbalut dengan bumbu.
3. Kemudian tuangkan air putih dan masak sampai tekstur daging menjadi empuk. Untuk memberi rasa gurih dalam tongseng ini, tambahkan kaldu bubuk instan dan masak hingga mendidih.
4. Lalu masukkan tomat merah dan irisan kubis ke dalam tongseng kambing dan masak hingga sedikit layu. Jika dirasa semuanya sudah pas, maka matikan kompor dan angkat tongseng kambing dari atas kompor.
5. Setelah itu, siapkan piring saji dan tuangkan tongseng kambing ke dalamnya secara perlahan. Kemudian, taburi dengan merica bubuk dan bawang merah goreng untuk menambah cita rasanya agar lebih mantap.
6. Siap untuk disantap sekarang. Mudah dan praktis kan?

Nah, untuk menghilangkan bau amis daging kambing. Kita mesti rebus daging kambing menggunakan potongan lobak. Caranya, rebus selama kurang lebih setengah jam, kemudian, keluarkan lobaknya dan daging sudah bisa kamu gunakan untuk memasak. Selamat mempraktekkan resep tongseng kambing tanpa santan istimewanya.



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan Lezat
      Komentar(0)